Pemasaran atau marketing akan selalu dibutuhkan oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun. Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa marketing itu pekerjaan yang kurang menarik terutama bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia teknik karena identik dengan salesman dan sebagainya. Jika anggapan teman-teman masih seperti itu maka sebaiknya lebih banyak baca buku tentang pemasaran dan perannya dalam kesuksesan perusahaan maupun karier individu.
Seperti halnya cabang ilmu lainnya, ilmu pemasaran sendiri sudah berubah banyak dari masa ke masa mengikuti perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Contohnya saja ketika 10 tahun yang lalu iklan-iklan di televisi merupakan cara yang sangat ampuh untuk mengenalkan suatu produk ke khalayak umum begitu juga di iklan baris koran. Namun saat ini iklan di televisi mempunyai saingan yakni pemasaran lewat internet yang bahkan mampu membuat iklan baris di koran berangsur-angsur ditinggalkan.
Namun, yang mengalami perubahan drastis tidak hanya media pemasaran melainkan cara pemasarannya. Jika dulu perusahaan besar berlomba-lomba mengobral janji ini-itu tentang produknya, sekarang cara tersebut sudah membuat muak para konsumen. Para konsumen yang kini sudah saling terhubung dengan internet lebih mempercayai apa kata orang-orang terdekatnya atau komunitas yang dia ikuti daripada berbagai macam iklan yang muncul di hadapannya. Oleh karena itu dibutuhkannya sebuah pendekatan baru dalam pemasaran yakni Content Marketing.
Buku ini dibagi menjadi tiga bagian besar yakni The Why, The What dan The How. Berikut adalah review singkat dari tiap-tiap bagian.
The Why
Pada bagian ini kita akan diajak untuk semakin mendalami “alasan kuat” kenapa kita memerlukan Content Marketing pada dewasa ini. Selain itu kita juga diajak menjelajahi bagaimana dunia yang saat ini kita hidup telah mengalami perubahan yang sangat signifikan dan perubahan-perubahan ini sangat mempengaruhi bagaimana pendekatan yang tepat kepada para calon konsumen. Beberapa topik bahasan pada bagian ini adalah Saat Segalanya Berubah, Paradoks di Tengah Era Konektivitas dan Tiga Aktor Penggerak Dunia.
The What
Pada bagian ini kita akan banyak mengeksplorasi tentang Content Marketing itu sendiri. Kita akan mempelajari apa hakikat Content Marketing, apa saja prinsip-prinsip pentingnya dan apa saja yang perlu dilakukan untuk menjalankan Content Marketing. Topik yang terdapat pada bagian ini adalah Semua Untuk Konsumen Anda Bukan Anda, Menjadi Sahabat Konsumen, dan Delapan Langkah Content Marketing
The How
Pada bagian ketiga ini penulis akan mengajak kita untuk mempelajari bagaimana perusahaan-perusahaan besar skala nasional bahkan multinasional menerapkan Content Marketing untuk pemasaran produk atau jasa mereka. Kita akan belajar banyak studi-studi kasus yang nyata dan telah terbukti hasilnya. Pada bagian ini topik-topik yang dibahas seputar Brand Values Hingga Human Interest, Inspirasi dam Edukasi, Menarik Impresi Memberi Nilai Tambah, dan Milik Siapa Saja.
Mempelajari ilmu pemasaran tidak hanya penting bagi teman-teman yang ingin menjadi pemasar atau yang akan berbisnis melainkan penting untuk semua aspek kehidupan kita. Sebagai seorang profesional kita perlu yang namanya personal branding agar membedakan kita dari profesional-profesional lainnya. Bahkan dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan seperti berdakwah sangat diperlukan ilmu pemasaran yang handal agar pesan tersebut bisa tersampaikan dengan baik dan diterima oleh khalayak.
Posting Komentar